JAMBI - Seleksi Beasiswa Tahfidz Dinas Pendidikan Kabupaten Kerinci Tahun 2022 sukses terlaksana seperti banyaknya kabar yang beredar  pada beberapa akun media sosial.

Seleksi beasiswa tahfiz tahun ini digelar dengan beberapa kategori jumlah hafalan, kategori 1 juz, 3 juz, 5 juz, 7 juz, 10 juz, 15 juz dan 30 juz.

Pada Tahun 2021 ini potensi Hafizh Qur'an semakin meningkat, dimana Tahun sebelumnya diikuti oleh 500-an peserta, bertambah menjadi 800 peserta. Dan yang lebih memuaskan lagi ketika bertemu dengan tiga santri yang masih duduk di Kelas satu dan dua Aliyah, tapi hafalan mereka mutqin 30 juz. Terbukti dari 5 pertanyaan mampu mereka jawab dengan lancar, Alhamdulillah. Tak luput juga untuk peserta 15 juz yang mutqin dan mampu menyelesaikan lima pertanyaan dengan lancar. Tulis Ustadz Ronaldi Asy'ari, Lc Alhafizh, pada akun media sosial facebook miliknya.

Sebagaimana tertulis dalam surat pemberitahuan bahwa proses seleksi tahun ini diadakan di dua lokasi, Aula Am Rohana Panti Asuhan Baitul Husna Sei. Pegeh Siulak sedangkan lokasi yang kedua di  SD 114/111 Dusun Baru Siulak dan telah  dimulai pada tanggal 03 Desember  kemudian akan berakhir 07 Desember 2022.

Agenda tahunan ini di respon dengan sangat fositif dari masyarakat Kerinci, baik yang berdomisili di Kerinci maupun yang tengah berada diperantauan,

Alhamdulillah ini suatu gebrakan yang  sangat luar biasa, artinya Pemerintah kita memperhatikan, mendukung, mensupport, dan men apresiasi generasi muda kita yang hafal Qur'an, mudah-mudahan nanti ada lagi beasiswa kategori terjemah dan tafsir dan beasiswa kitab kuning, agar yang hafal quran juga faham apa yang dihafalnya, karna itu jauh lebih penting,  Ujar Rian Cupika, M.Pd, Ustadz/Guru  Pesantren PKP Al-Hidayah milik Pemprov Jambi, beliau merupakan warga Kerinci yang berdomisili di Jambi./YUSYA